MATERI II KONSEP DAN TEORI MP

 

KONSEP DASAR DAN RUANG LINGKUP

MANAJEMEN KELAS  

 

 

 

A. Konsep dasar manajemen kelas

 

Konsep adalah sebuah ide yang abstrak, belum diwujudkan dalam suatu bentuk nyata, ide sendiri dapat diartikan sebagai suatu gagasan, pikiran, gambaran dan angan-angan, sedangkan  abstrak adalah teori dari suatu benda fisik atau sesuatu yang konkrit. Jadi konsep adalah ide atau gambaran tentang suatu obyek yang terbentuk dari  gambaran semua aspeknya (comprehensive).

Teori adalah asumsi atau hipotesis dari sebuah ide yang dimaksudkan untuk menjelaskan sesuatu khususnya yang didasarkan pada prinsip-prinsip umum sedangkan prinsip adalah kebenaran dasar atau suatu dalil yang digunakan sebagai pondasi untuk mempercayai atau bertindak sesuatu, prinsip juga dapat dikatakan sebagai sumber asal/pokok dari sesuatu.

Ide (idea) adalah sebuah konsep dari pemikiran murni yang bukan berasal dari percobaan empiris. Teori adalah sekumpulan konsep yang dijadikan dasar dari sebuah aktivitas, jadi teori adalah konsep yang sudah diuji kebenarannya yang berlaku selama belum ada teori baru yang menyangkalnya. Sebagai contoh adalah teori Evolusinya Darwin yang sekarang sudah runtuh dengan pembuktian ilmiah baru bahwa makhluk hidup itu bersifat unik, bukan berevolusi. Manusia berasal dari keturunan manusia juga bukan dari kera yang berevolusi karena beradaptasi dengan lingkungan kemudian berubah menjadi cerdas seperti sekarang ini.

 

Manajemen mempunyai banyak sekali definisi, namun yang paling esensi manajemen adalah proses untuk memberdayakan sumberdaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Kelas (class) adalah “a set or category of things having some property in common and differentiated from others by kind or quality” (Oxford). (suatu kumpulan atau kelompok dari berbagai hal yang mempunyai beberapa sifat umum dan dibedakan dari yang lainnya berdasarkan jenis dan kualitas).

 

Kelas adalah sekelompok siswa/peserta didik yang pada waktu dan tempat yang sama menerima pelajaran dari guru yang sama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Manajemen harus mampu bersifat efektif dan efisien, Efektif adalah “Producing a desired or intended result”  sedangkan efisien adalah “working productively with minimum wasted effort or expense”. Jadi dikatakan efektif apabila dapat menghasilkan sesuatu sesuai dengan keinginan, sedangkan efisien adalah dapat bekerja dalam menghasilkan sesuatu dengan menekan biaya yang timbul akibat aktifitas yang dilakukan.

 



 

 

 

 

Tentang IAIN Pontianak

Lecture
Pos ini dipublikasikan di Materi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s