Tugas Kelompok I : Kelas dan Siswa

KELAS DAN SISWA
MANAJEMEN KELAS

OLEH

 

ABDURRAHMAN AL – GHAFIQI

AHMAD MAWARDI

AHMAD FAISAL

AL – AHADID WAHYU PUTRA

 

Kelas Dan Siswa

n    Pengertian

n    Menurut Oxford Dictionary : Class ; “a set or category of things having some property in common and differentiated from others by kind or quality” (suatu kumpulan atau kelompok dari berbagai hal yang mempunyai beberapa sifat umum dan dibedakan dari yang lainnya berdasarkan jenis dan kualitas).

Kelas Dan Siswa

n    Menurut Suharsimi Arikunto (1996 : 17) ; Kelas adalah sekelompok siswa / peserta didik yang pada waktu dan tempat yang sama menerima pelajaran dari guru yang sama.

    Dari penjelasan diatas dapatlah disimpulkan oleh Suharsimi Arikunto tersebut maka ada 3 persyaratan yang harus ada, jika salah satu tidak ada bukan disebut kelas. 

Kelas Dan Siswa

n    Sekelompok anak yang pada waktu    yang sama secara bersama-sama menerima pelajaran dari guru yang sama, jika pelajaran tidak sama bukan disebut kelas.

n    Sekelompok anak yang pada waktu yang sama menerima pelajaran dari guru yang berbeda, maka bukan disebut kelas.

Kelas Dan Siswa

n    Sekelompok anak yang pada waktu yang sama menerima pelajaran yang dari guru yang sama tetapi diberikan secara bergantian juga bukan disebut kelas.

Kelas Dan Siswa

n    Murid merupakan potensi kelas yang harus dimanfaatkan guru dalam mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif. Murid adalah anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang, baik secara fisik maupun psikologis dalam rangka mencapai tujuan pendidikannya melalui lembaga pendidikan formal, khususnya berupa sekolah.

 

Kelas Dan Siswa

n     Murid sebagai unsur kelas memiliki perasaan kebersamaan yang sangat penting artinya bagi terciptanya situasi kelas yang dinamis. Setiap murid harus memiliki perasaan diterima (membership) terhadap kelasnya agar mampu ikut serta dalam kegiatan kelas.

n     Dikalangan murid-murid akan tumbuh dan berkembang dengan baik apabila dilakukan tindakan-tindakan pengelolaan (management) kelas.

Kelas Dan Siswa

n         Di samping tindakan pengelolaan kelas, maka guru/wali kelas bertanggung jawab pula dalam mengembangkan situasi mengajar belajar sesuai dengan kurikulum di lingkungan kelasnya masing-masing. Tugas tersebut meliputi empat aspek sebagai berikut :

Kelas Dan Siswa

n     Menetapkan bersama guru-guru tentang apa yang akan dipelajari murid. (WHAT).

n     Membantu guru bagaimana menciptakan situasi yang memungkinkan berlangsungnya proses belajar dan membantu murid bagaimana melakukan proses belajar berdasarkan bahan-bahan tersebut. (HOW)

Kelas Dan Siswa

n    Memberikan motivasi kepada guru kapan mempergunakan bahan tersebut dan bagi murid kapan mempelajarinya (WHEN).

n    Menilai siapa murid yang berhasil dan gagal dalam melakukan proses belajar untuk diberikan bantuan yang lebih efektif. (WHO).

Kelas Dan Siswa

   Dari uraian-uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kelas merupakan unit tersendiri yang pengelolaannya secara maksimal harus dilakukan dengan mengikutsertakan murid. Pengelolaan kelas yang berhasil akan menumbuhkan kebanggaan kelas sehingga meningkatkan rasa solidaritas dan keinginan untuk ikut berpatisipasi di kalangan murid kelas tersebut.

Kelas Dan Siswa

n    Dinamika Kelas ialah kelompok sosial yang dinamis yang harus dipergunakan oleh setiap Wli/Guru Kelas untuk kepentingan murid dalam proses kependidikannya.

n    Dinamika kelas pada umumnya berarti kondisi kelas yang diliputi dorongan untuk aktif secara terarah yang dikembangkan melalui krativitas dan inisiatif murid sebagai suatu kelompok.

Kelas Dan Siswa

n    Dinamika kelas dipengaruhi oleh cara Wali/Guru Kelas menerapkan Administrasi Pendidikan dan Kepeminpinan Pendidikan serta dalam mempergunakan pendekatan (approach) pengelolaan kelas. Penerapan kegiatan itu antara lain sebagai berikut :

n    Kegiatan Administratif Manajemen

n    Kegiatan Operatif Manajemen Kelas

Kelas Dan Siswa

n    Kepemimpinan Wali/GuruKelas

n    Disiplin Kelas

n    Beberapa Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas

Kelas Dan Siswa

n    Itulah penjelasan dari kami. Kalaupun ada yang salah dan ada yang kurang dari penyampaian kami. Kami mohon maaf, karena ilmu kami sangat dan sangat terbatas. Untuk itu harap dimaklulmi. Sekianlah dari kami semoga bermanfaat bagi kita semua. Aminn!!!!

Daftar Pustaka

n    Nawawi H. Hadari,1982. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta. Gunung Agung.

 

Tentang IAIN Pontianak

Lecture
Pos ini dipublikasikan di Materi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s